MANG UJANG
Sundanese Foods
Tasty, Healthy, Quality
Home » » Resep Membuat Tahu Sumedang Crispy

Resep Membuat Tahu Sumedang Crispy


Resep Membuat Tahu Sumedang Crispy – Tahu Sumedang, siapa sih yang tak mengenal camilan yang khas dari Sumedang satu ini?
Tahu yang memiliki warna kecoklatan dan kopong didalam ini enak sekali jika dinikmati selagi hangat. Rasanya yang khas dengan sambal atau cabai rawit kecil yang menemaninya semakin menambah kelezatannya.
Selain itu, tahu Sumedang akan semakin lengkap jika disajikan dengan lontong isi sayuran.
Walaupun tahu ini asli dari Sumedang, namun pemasarannya sudah banyak yang ke kota-kota besar di indonesia. Mungkin karena rasanya yang enak dan beda dengan tahu biasanya sehingga banyak para penikmat tahu yang menyukai.
Tahu Sumedang ada yang dijual masih mentah dan tahu Sumedang goreng yang siap santap. Biasanya para pedagang menjualnya dengan gerobak ataupun dengan kotak kaca kecil yang digendong.
Untuk tahu Sumedang yang mentah sebenarnya dapat dibilang susah susah gampang dalam mengolahnya. Soalnya tahu Sumedang yang memiliki waktu tahan lebih sedikit dari pada tahu biasanya. Sehingga tahu Sumedang lebih cepat menjadi basi dan akan terasa asam.
Selain itu, dalam menggorengnya pun kita harus benar-benar memperhatikan minyak goreng yang digunakan. Anda harus memilih minyak yang bagus agar tahu Sumedang yang Anda goreng hasilnya maksimal, enak dan crispy.
Untuk itu kali ini kami akan mencoba membagikan cara membuat tahu Sumedang homemade dan cara mengolah tahu Sumedang sehingga menjadi tahu Sumedang goreng yang super lezat.
Memang dalam membuat tahu Sumedang ini Anda akan memerlukan waktu yang sedikit banyak. Namun alangkah bahagianya jika Anda dapat menyuguhkan tahu Sumedang hasil karya Anda sendiri dari dapur tercinta Anda.
Selain mendapatkan tahu Sumedang yang fresh, dengan membuatnya sendiri tahu Sumedang Anda juga akan terhidar dari bahan pengawet dan tentu saja lebih terjaga akan kebersihannya.
Untuk membuatnya, Anda akan memerlukan alat untuk menggiling sang kedelai. Namun jika dirumah tidak ada, Anda dapat menggilingnya ditempat penggilingan kedelai yang ada dipasar-pasar.
Jika Anda menekuni proses pembuatan tahu Sumedang homemade ini, bisa jadi tahu Sumedang menjadi ladang usaha Anda loh.
Anda dapat mencoba memasarkan tahu Sumedang yang Anda buat di sekitar tempat tinggal anda. Jika berhasil dan banyak yang minat, tentunya menjadi bisnis besar bukan?
Yang penting tekun, terus berusaha dan semangat dalam menjalaninya (ups kok jadi kebablasan ya ngebahas bisnisnya? Hehe maklum, admin suka sekali bisnis, jadi apa-apa dibisnisin kalau memang ada peluang ) :D.
Ya sudah, tak panjang lebar lagi ya, yuk segera disimak Cara Membuat Tahu Sumedang Homemade Dan Cara Mengolah Tahu Sumedang Goreng Crispydengan mudah seperti dibawah ini. selamat mencoba 🙂

Bahan-bahan Tahu Sumedang Crispy :

    • Kedelai 1 Kilo Gram
    • Air Secukupnya
    • Cuka Encer Secukupnya
    • Bibit Tahu secukupnya

Alat Yang Digunakan :

  • Mesin Penggiling Kedelai

Cara Membuat Tahu Sumedang Crispy :

    1. Langkah awal mula-mula bersihkan kedelai dengan kedelai yang berlubang dan kotoran-kotoran lainnya. Kemudian jika sudah terpilih kedelai yang baik, rendam kedelai dalam air yang cukup. ( untuk kedelai lokal direndam kira-kira 10 jam, jika kedelai import cukup 4-5 jam saja ). Setelah cukup lama direndam, kedelai lokal direndam, kedelai dicuci dengan air bersih 2-3 kali. lalu tiriskan hingga kesat. Kedelai selanjutnya siap digiling menjadi bubur. Agar proses penggilingan berjalan lancar dan memberi hasil yang baik, ditambahkan air pada saat menggiling kedelai.
    2. Selanjutnya bubur kedelai digodog diatas tungku hingga mendidih. Busa yang timbul diatas bubur kedelai yang mendidih, sebaiknya setiap kali dibuang dan bubur dibiarkan mendidih selama 10 menit. Jika sudah mendidih, ambil lalu disaring dengan kain kasa dan ampasnya dibilas dengan air bersih.
    3. Ampas dari saringan diperas, hingga sebanyak mungkin sari kedelai dapat terambil. Kemudian sari kedelai digumpalkan dengan cara menambahkan cuka encer berbanding 1:5. Batu tahu atau sisa air tahu didiamkan selama semalam, sambil terus diaduk secara perlahan.
    4. Dengan mendiamkan, akan terbentuk gumpalan-gumpalan yang agak besar, yang akan terus kebawah. Air diatas endapan tahu, dibuang sebanyak mungkin.
    5. Endapan tahu lalu dicetak dengan memberi beban diatasnya, baru setelah 10-15 menit maka jadikan tahu yang kita inginkan.

Notes :
  • Alat untuk menggiling kedelai bisa dibeli di toko-toko yang menjual mesin diesel.
  • Memeras kedelai agar kesat bisa ditindih dengan batu atau benda berat lainnya.
  • Cuka bisa dibeli di toko-toko.
  • Untuk air sangat mempengaruhi Rasa Tahu Sumedang, jadi gunakan air yang bersih dan bagus.
Itulah Cara Membuat Tahu Sumedang Homemade nya, cukup mudah bukan? Walaupun Anda akan memperlukan waktu yang cukup lama, namun jika Anda mengikuti langkah demi langkah dengan benar kami jamin hasilnya akan sangat memuaskan.
Nah, sekarang kita akan mengajak Anda untuk mengolah tahu Sumedang Anda sehingga menjadi makanan yang enak dan crispy.

Bahan-bahan Tahu Sumedang Goreng Crispy :

    • Tahu Sumedang
    • Minyak Goreng banyak ( digunakan untuk menggoreng )

Bahan Bumbu Tahu Sumedang Goreng Crispy :

    • Royco Secukupnya
    • Bawang putih 4 siung ( haluskan )
    • Air secukupnya ( bisa menggunakan air Sumedang jika ada )

Alat Yang Digunakan :

  • Wajan yang cukup besar

Cara Membuat Tahu Sumedang Goreng Crispy :

    1. Langkah awal siapkan tahu, Kemudian bumbui tahu yang sudah disiapkan tadi dengan air bumbu. lalu diamkan sekitar 30 menit, agar bumbu meresap.
    2. Panaskan minyak dalam wajan penggorengan dengan menggunakan api yang cukup besar, lalu goreng tahu hingga garing ( crispy ). angkat, tiriskan.
    3. Sajikan tahu Sumedang goreng selagi hangat dengan cabe rawit atau sambal, dan untuk penambah nikmatnya sajikan juga bersama lontong isi.

Selesai, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Tahu Sumedang Crispy ini dirumah. Sajikan tahu Sumedang selagi hangat dengan aneka minuman hangat sesuai selera agar lebih makyus.
Yuk segera hangatkan keluarga Anda dengan Tahu Sumedang yang Anda buat sendiri dirumah. Terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat.

SHARE

About tahu

0 komentar :

Post a Comment